Jualan via aplikasi mobile biar kekinian

80% saat ini hampir setiap hari dan setiap kebutuhan kita selalu mencari informasi melalui smartphone. Oleh karena itu penting selaku pelaku bisnis untuk mulai mengetahui cara berjualan yang efektif. Kapan saat mempunyai website, kapan harus jualan menggunakan jejaring social media dan kapan harus beralih ke aplikasi mobile . Kenapa harus aplikasi mobile atau mobile responsive?  Apa beda antara keduanya ?

Aplikasi mobile adalah aplikasi yang khusus dibuat utk platform mobile. Aplikasi ini biasanya harus didownload melalui Google store atau Apple store. Sementara mobile responsive adalah akses melalui browser dengan tampilan sesuai smartphone.

Untuk lebih jelas berikut perbedaan dan keuntungannya ;

  1. Mobile web dari sisi tampilan

Secara general mobile web juga terbagi atas tampilan desktop dan tampilan mobile. Tampilan desktop adalah tampilan dari suatu situs dengan tampilan browser di laptop atau desktop dan akan berbeda bila apabila diakses di smartphone

 

Contoh website www.sikapiuangmu.ojk.go.id web design oleh Dewanstudio.com

sikapiuangmu-ojk

 

Pada tampilan diatas menunjukkan website OJK dengan tampilan desktop, namun apabila dibuka dimobile smartphone maka tampilannya akan seperti ini

ojk-mobile

 

 

Tampilan di mobile akan lebih simple dan tidak terlalu banyak image. Berita biasanya hanya ditampilkan berupa judul saja dihalaman awal. Hal ini disesuaikan dengan perilaku pengguna mobile yang tidak terlalu senang apabila terlalu banyak scroll ke bawah.

Mobile web tidak harus didownload karena bisa akses hanya dengan menggunakan browser, dimana kelebihannya semua informasi akan bisa diperoleh oleh pengunjung.

Namun mobile web kurang efektif karena dibandingkan aplikasi yang sudah didownload.

 

  1. Mobile web dari sisi marketing bersifat lebih pasif dibandingkan aplikasi.Saat ada pengunjung yang masuk ke website yang kita bisa lakukan adalah memasang promo-promo atau iklan yang sifatnya hanya 1 arah.
  2. Mobile web biasanya hanya dijadikan panduan berapa visitor yang sudah mampir, namun susah untuk mengharapkan retensi buyer karena sifat usernya yang on and off. Aplikasi mobile bisa lebih bersifat atraktif dan lebih personal.                     Related link Perlukah Memilik APlikasi Mobile Untuk UKM ?
  3. Aplikasi mobile bisa lebih ditujukan untuk retensi buyer, paling tidak dengan visitor yang mau memakai kapasitas memori smartphone untuk aplikasi mobile Kita tentunya menunjukkan keterikatan dengan produk / jasa Kita. Sementara mobile web ditujukan untuk discovery consumen.
  4. Aplikasi mobile didalam pembuatannya lebih banyak memerlukan biaya dibandingkan mobile web.

 

Masing-masing mobile web dan aplikasi mobile mempunyai tujuan, kekurangan dan kelebihannya dan akhirnya dikembalikan kepada pelaku bisnis bagaimana ia mengidentifikasikan marketnya, apa strategi marketingnya dan bagaimana mengembangkan bisnisnya.

Apabila anda butuh konsultasi terkati aplikasi mobile silahkan hubungan Dewanstudio.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s