Sudah Sampai Mana Persiapan Anda Dalam Menghadapi MEA di 2017

Kata-kata MEA yang merupakan singkatan dari Masyarakat Ekonomi Eropa mungkin sudah sangat familiar bagi para pelaku bisnis. Pemerintah sendiri sudah mulai mensosialisasikan di tahun 2015..

MEA merupakan proyek yang disiapkan oleh seluruh anggota ASEAN yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas perekonomi di kawasan ASEAN dan membentuk kawasan ekonomi atar Negara ASEA yang kuat. Tujuan MEA diharapkan di Negara anggota akan mengalami lairan bebas barang, jasa , investasi dan tenaga kerja dari dan ke masing-masing Negara. Setelah menginjak tahun ke 2 MEA mulai kita sadari banyaknya produk-produk yang masuk dari Negara tetangga ke Indonesia, khususnya di bidang teknologi.

Pemerintah sendiri sudah menyadari dan menargetkan di akhir th 2015 para pelaku usaha UKM agar bisa mempersiapkan diri untuk siap dengan perdagangan bebas.

Sebagaimana kita ketahui sejak itu banyak sekali pembinaan sampai dengan pendanaan yang diberikan baik oleh pemerintah maupun swasta untuk mempersiapkan para UKM mulai dari sisi pengetahuan bisnis, kualitas produk, kemasan sampai sertifikasi hak cipta produk.

Nah…bagaimana dengan Kita ? sudah seberapa jauh persiapan kita dalam menghadapi MEA.

Dewanstudio sendiri dari sisi Digital dan teknologi sebenarnya sudah tidak begitu kaget dengan MEA, karena sebenarnya sejak tahun 2009 perdagangan jasa khususnya sudah masuk dari dan keluar Indonesia melalui internet. Sejak tahun 2010 kami selalu mengikuti perkembangan teknologi dari sisi hardware maupun soft skills sehingga services yang diberikan juga berkembang. Dulu Dewanstudio hanya dikenal sebagai perusahaan web developer, namun sejak tahun 2010 kami bergerak menjadi digital agency dimana perkembangan dunia digital marketing telah berkembang pesat. Seandainya Dewanstudio tidak berubah dan berkembang maka saat gerbang MEA dibuka, kami tidak mempunyai benteng pertahanan untuk ikut berkompetisi.

 

Ada beberapa hal yang bisa membantu pelaku bisnis UKM mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA,  diantaranya adalah :

  1. CIptakan High Value Solution ( solusi yang bernilai) kepada konsumen Anda. Produk Anda bisa saja sama dengan competitor lain, tetapi bagaimana cara Anda menciptakan value atau nilai lebih yang akan menjadi pembeda
  2. Kelola SDM dengan baik. Tanpa dipungkiri SDM adalah salah satu peranan penting dalam usaha. SDM yang berkualitas dan kompenten adalah salah satu cara siap menghadapi MEA
  3. Kerjasama dan berkolaborasi . Mungkin bisa dijadikan pertimbangan untuk berkerjasama atau beraffiliasi dengan pihak lain untuk bisa menciptakan nilai lebih pada produk/jasa Anda. Gandeng para investor yang sekiranya bisa mengembangkan bisnis Anda.
  4. Pikirkan cara mengembangkan pasar baik dari sisi jenis segment maupun dari sisi market. Berkreatif didalam membuat strategis marketing yang inovasi
  5. Persiapkan dan lengkapi semua dokumen perizinan bisnis Anda. Daftarkan HAKI produk Anda, sertifikasi halal atau BPOM atau sertifikasi lainnya .
  6. Selalu siapkan waktu untuk mengikuti seminar atau workshop untuk bisa meningkatkan performance produk dan bisnis Anda

 

Jadi..tunggu apa lagi ? tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik apalagi terkait bisnis Kita.

Apakah Anda membutuhkan bantuan pemasaran online untuk menghadapi MEA 2017? Hubungan kami Dewanstudio.com Digital Agency Jakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s